Makalah Pemakaian Listrik Setrika Listrik dan Ketel Listrik Otomatis


MAKALAH
PRAKTIKUM PEMAKIAN LISTRIK
Setrika dan Ketel listrik otomatis





                       

Di susun Oleh :

RIVALDI RAHMAN
    17063066








JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2019







KATA PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai pada waktunya.
Terima kasih juga saya ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberikan ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi.
Saya berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu, saya memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga saya sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.

                                                                                                            Padang,  oktober 2019

Penyusun








BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Setrika listrik adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan kerut – kerut pada pakaian (baju, celana dan sebagainya) sehingga licin dan rapih dan layak dipakai dengan menggunakan sumber energi listrik yang nantinya diubah menjadi energi panas sehingga mampu melicinkan suatu bahan dari kain.
Prinsip kerja setrika listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui element pemanas. Panas yang dihasilkan dikumpulkan oleh besi pengumpul panas yang kemudian melalui gosokan diteruskan pada objek yang akan di setrika.
Ketel listrik adalah salah satu peralatan rumah' tangga listrik yang berfungsi sebagai pemanas air dalam tempat cerek atau ketel listrik dengan suhu yang telah di ditentukan pada panasnya
    Ceret listrik diperkenalkan sebagai alat untuk merebus air tanpa perlu atas kompor. Mereka biasanya terbuat dari plastik tahan lama atau baja ( dengan plastik menangani ) dan didukung oleh listrik listrik. Dalam ceret modern elemen pemanas biasanya tertutup sepenuhnya, dengan rating daya dari 2 - 3 kW. Di negara-negara dengan 110V listrik listrik, ceret mungkin kurang kuat untuk menghindari menggambar terlalu banyak saat ini dan membutuhkan kawat pasokan yang sangat tebal.

  1. Rumusan masalah
1.      Apa definisi setrika listrik dan ketel listrik?
2.      Bagaiman prinsip kerja setrika listrik dan ketel listrik?
3.      Apa-apa saja komponen dari setrika listrik dan ketel listrik?
4.      Bagaimna cara kerja setrika listrik dan ketel listrik?

  1. Tujuan
1.      Menjelaskan defenisi setrika dan ketel listrik.
2.      Menjelaskan komponen dari setrika listrik dan ketel listrik.
3.      Mengetahui cara perawatan, perbaikan setrika listrik dan ketel listrik.





BAB II
ISI

A.   SETRIKA
Definisi Setrika listrik
Setrika listrik adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan kerut – kerut pada pakaian (baju, celana dan sebagainya) sehingga licin dan rapih dan layak dipakai dengan menggunakan sumber energi listrik yang nantinya diubah menjadi energi panas sehingga mampu melicinkan suatu bahan dari kain.

Prinsip kerja setrika listrik
            Prinsip kerja setrika listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui element pemanas. Panas yang dihasilkan dikumpulkan oleh besi pengumpul panas yang kemudian melalui gosokan diteruskan pada objek yang akan di setrika.

Bagian – bagian pada setrika listrik
setrika sangatlah berpariasi tergantung dari jenis dan merk setrika itu sendiri. Namun pada umumnya, hampir semua seterika pasti memiliki bagian –bagian penting dibawah ini antara lain :
a.       Kabel daya
Kabel daya adalah bagian yang pasti terdapat pada setrika lsitrik yang menggunakan listrik arus Bolak balik (AC) sebagai energinya.
Kabel daya ini terbuat dari fleksible dengan bagian penghantar (inti) serabut yang dibungkus dengan menggunakan bahan isolasi kain sebagai pelindungnya sehingga memudahkan pergerakan Seterika listrik dan juga menjaga agar kael listrik tetap awet meski sering bergerak elastis.
b.      Elemen Pemanas
Elemen pemanas atau sering disebut Heater dalam dunia industri. Elemen pemanas berfungsi untuk mengubah energi lsitrik menjadi energi panas sehingga mencul panas pada setrika. Elemen pemanas sendiri terletak pada bagian antara plat alas setrika dan besi pemberat didalam setrika.
c.       Alas Setrika
Alas setrika ini adalah bagian yang berhubungan langsung dengan kain yang diaturetika. Alas setrika berfungsi untuk mengkompersikan energi panas pada heater menjadi pelicin pada kain. Alas setrika biasa terbuat dari bahan – bahan anti karat seperti stenless steel dan alumnium. Selain anti karat bahan pada alas setrika diharuskan tidak lengket dan licin agar proses diaturetika manjadi mudah dan tidak mengotori kain.
d.      Penutup setrika
Penutup pada setrika bisa juga disebut sebgai Body Setrika karena fungsi dari penutup ini adalah sebagai isolasi dan juga sebagai pegangan tangan. Karena berfungsi sebagai pelindung (isolasi) maka penutup terbuat dari bahan isolasi seperti plastik. Selain untuk melindungi manusia dari sengatan listrik, penutup setrika juga dibuat agar tahan panas, sehingga dapat melindungi manusia dari bahaya panas.
e.       Pemberat setrika
Fungsi dari pemberat setrika adalah sebagai pemberat setrika (yoi bro). Maksud dari pemberat tersebut adalah untuk mempermudah penggunaan setrika. Pemberat setrika biasany terbuat dari besi.
f.       Pengatur Suhu
Pengatur suhu adalah alat yang digunakan untuk mengatur panas setrika itu sendiri, sehingga panas pada setrika dapat disesuaikan dengan jenis kain yang akan di setrika atau dirapihkan. Pengatur suhu biasanya menggunkan prinsif bimetal.
g.      Lampu Indikator
Lampu indikator adalah lampu yang menandai bahwa setrika telah tersambung dengan sumber tegangan, juga dapat menandai keadaan saklar pada setrika (ON atau OFF).
h.      Tangkai pemegang setrika
Tangkai pemegang berfungsi untuk penghubung dan pemegang dan mengendalikan setrika oleh manusia. Karena berhubungan langsung dengan manusia, maka Tangkai Pemegang setrika terbuat dari bahan isolasi seperti pelastik dan kayu. Hal ini menghindarkan manusia dari bahaya arus bocor.
i.        Thermostat bimetal
menjaga panas tetap sama. Jadi pada saat terlalu dingin, maka termostat akan menyalakan pemanasnya sehingga suhu menjadi tetap hangat. Perangkat pendeteksi suhu ini banyak digunakan di perangkat-perangkat listrik seperti Oven, Kulkas, Air Conditioner (AC), pengendalian suhu mesin di mobil dan Seterika.

Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar

Cara kerja setrika listrik
Bila setrika listrik dihubungkan kesumber tegangan listrik dan dihidupkan (ON), maka arus listrik mengalir melalui elemen pemanas (Heater), sehingga timbulah panas dari elemen pamanas tersebut. Panas tersebut dialirkan secara kondusi pada permukaan dasar setrika (alas sterika).  Perlu diketahui, bahwa panas dari elemen pemanas setrika akan terus meningkat bila arus listrik tetap mengalir. Oleh karena itu bila seterika tidak dilengkapi dengan pengatur suhu sebagai pencegah terjadinya panas berlebih, seterika harus diputus dari sumber listriknya (stop kontak) dan hubungkan kembali bila panas seterika sudah menurun. Oleh karena itu pengatur suhu dibuat. Pengatur suhu dapat memutus aliran listrik secara otomatis, bila suhu pada elemen pemanas setrika sudah maksimal. Sebaliknya, bila suhu dari setrika menurun, maka pengatur suhu akan secara otomatis menghubungkan pada arus listrik sehingga seterika kembali panas yang stabil, Demikian seterusnya

Cara perawatan setrika listrik
Komponen-komponen Setrika Listrik yang Harus Diperhatikan :
  1. Merawat Kabel Setrika
Yang harus menjadi perhatian utama Anda dalam merawat setrika listrik adalah kabel setrika. Hal ini dikarenakan desain kabel setrika yang sangat mudah terlilit atau serat pembungkusnya yang mudah sekali terbuka sehingga lapisan karet pelindung kabel sangat rentan dan mudah robek. Akibatnya menyetrika menjadi tidak nyaman karena kondisi kabel setrika yang tidak fleksibel serta adanya bahaya tersetrum. Pelajari bagaimana cara mengganti kabel setrika listrik secara berkala karena hal ini ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan.
  1. Merawat Lapisan Teflon Pada Besi Pemberat Setrika Listrik
Salah satu komponen penting pada setrika listrik adalah besi pemberatnya. Saat ini besi pemberat setrika listrik sudah dilengkapi dengan lapisan teflon sehingga anti lengket. Namun jika Anda tidak hati-hati maka lapisan teflon tersebut dapat mengelupas dan memungkinkan serat-serat pakaian atau debu untuk menempel pada permukaan setrikaan yang akhirnya menjadi kerak yang lengket dan susah dibersihkan. Terdapat banyak cara membersihkan setrika yang lengket dan berkerak mulai dari menggunakan odol, garam atau daun pisang.
  1. Merawat Tombol Pengatur Suhu Setrika Listrik
Ketika setrika listrik otomatis Anda tidak mau panas padahal sudah dihubungkan ke arus listrik bisa saja masalahnya terletak pada pengatur suhu setrika rusak. Tentunya Anda tahu cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu dimana terdapat dua lempeng yang disebut lempeng bimetal yang akan membantu mengatur suhu setrikaan secara otomatis. Ketika lempeng bimetal tak dapat berfungsi dengan baik cobalah bongkar bodi setrikaan untuk mencari tahu karena biasanya debu yang menebal juga dapat menghambat kinerja lempeng bimetal sehingga setrika tidak mau panas atau justru sebaliknya setrika terus panas dan suhunya tidak mau turun. (baca juga: Cara Kerja Setrika Termodinamika)
  1. Menyimpan Setrika Listrik
Setelah tak lagi digunakan sebaiknya simpan setrika listrik dengan baik. Kebanyakan orang hanya tahu bagaimana cara menyetrika yang benar tapi tak terlalu perduli dengan cara penyimpanan setrika listrik yang benar. Setelah selesai digunakan sebaiknya biarkan suhu setrika turun terlebih dahulu sebelum disimpan. Jangan menggulung kabel dengan sembarangan tapi gunakan karet atau pengikat kabel untuk mengikat kabel setrikaan agar tidak terbelit-belit. Jangan letakkan setrikaan dengan sembarangan, penting bagi Anda untuk menyimpan kotak setrikaan untuk menghindarkan setrikaan terhinggapi debu. Kemudian simpan setrikaan di dalam lemari atau tempat yang kering dan tidak lembab.

B. KETEL LISTRIK
A. Pengertian Ketel Listrik
1.      Sejarah
Ketel kadang-kadang disebut ketel the atau teko, adalah jenis pot, biasanya logam, khusus  untuk merebus air, dengan tutup, corot dan menangani, atau alat dapur kecil bentuk yang sama yang berfungsi secara mandiri. Ceret dapat dipanaskan baik dengan menempatkan di atas kompor, atau dengan elemen internal mereka sendiri pemanas listrik dalam versi alat. Ceret pertama digunakan di Mesopotamia kuno untuk tujuan selain memasak.
Seiring waktu ini wadah gerabah artistik dihiasi menjadi lebih sering digunakan di dapur. Di Cina, ceret yang biasanya terbuat dari besi dan ditempatkan langsung di atas api terbuka. Kata ketel berasaldari Old Norse ketill "kuali". Ejaan InggrisKuno adalah cetel dengan awal che Seperti 'cherry', Inggris Tengah (dan dialek) adalah chetel, keduanya datang (bersama-sama dengan Jerman Kessel "kuali") akhirnya dari Jermanik  katilaz, yang dipinjam dari bahasa Latin catillus, bentuk kecil dari catinus "kapal yang mendalam untuk melayani atau memasak makanan"yang dalam berbagai konteks diterjemahkan sebagai "mangkuk", "piring", atau  "corong". Pada bagian akhir tahun 1800-an , ceret listrik diperkenalkan sebagai alternatif atas ceret kompor .
Pada tahun 1893 Crompton dan Co perusahaan Inggris mulai menampilkan ceret listrik dalam katalog mereka. ceret listrik awal yang cukup primitif sebagai elemen pemanas tidak bisa direndam dalam air. Sebaliknya , kompartemen terpisah di bawah tempat penyimpanan air dalam ketel digunakan untuk rumah elemen pemanas listrik. Desain itu tidak efisien bahkan relatif terhadap ceret atas kompor konvensionalwaktu. Pada tahun 1922 , masalah itu akhirnya dipecahkan oleh Leslie besar, seorang insinyur yang bekerja di Bulpitt & Sons of Birmingham yang merancang elemen kawat luka di sekitar inti dan berselubung dalam tabung logam. Sebagai elemen ini dapat direndam langsung ke dalam air                                                       .         
            
Pada tahun 1955, perusahaan Inggris yang baru didirikan Russell Hobbs mengeluarkan Model K1 stainless steel sebagai pertama ketel sepenuhnya otomatis . Sebuah termostat , dipicu oleh uap yang naik seperti air mendidih akan datang , akan melenturkan,sehingga memotong arus. Ceret modern meliputi berbagai kemajuan teknologi . Beberapa ceret listrik tanpa kabel dengan kemampuan pencahayaan . Whistling ceret dilengkapi dengan dinamika ringan dan pegangan tahan panas .
     Ketel kompor adalah kapal logam kasar pitcher berbentuk digunakan untuk air panas pada kompor atau kompor. Ceret biasanya memiliki pegangan di atas, corot, dan tutup. Kadang-kadang ceret kompor - mount juga memiliki peluit uap yang menunjukkan bila air sudah mencapai titik didih . Dalam bersiul ceret teh , ketika uap membangun dalam wadah ketel mencoba untuk melarikan diri, hal itu menyebabkan getaran terjadi dalam ruangan. Sebagai kecepatan meningkat uap melepaskan, getaran menjadi lebih keras, menyebabkan peluit. Beberapa ceret bersiul memiliki peluit yang sebenarnya pada penutup pada akhir cerat. Ceret kompor paling populer yang dibuat dengan stainless steel. Hal ini disebabkan sifat ringan dari ketel , selain finish terang dan daya tahan . Sifat retak - tahan dari ketel juga membuat lebih mudah dibersihkan. Ceret juga bisa dibuat dari tembaga, besi, aluminium, krom dipoles atau keramik. Ketel memiliki dua keunggulan utama di atas panci untuk memanaskan air : sifat tertutup dari ketel mengurangi kerugian panas dan mengarah ke mendidih lebih cepat, dan penggunaan eksklusif ketel untuk air berarti bahwa minuman panas tidak dapat terkontaminasi oleh bintik-bintik lemak atau sisa makanan kiri jika panci tidak cermat dicuci.
    Ceret listrik diperkenalkan sebagai alat untuk merebus air tanpa perlu atas kompor. Mereka biasanya terbuat dari plastik tahan lama atau baja ( dengan plastik menangani ) dan didukung oleh listrik listrik. Dalam ceret modern elemen pemanas biasanya tertutup sepenuhnya, dengan rating daya dari 2 - 3 kW. Di negara-negara dengan 110V listrik listrik, ceret mungkin kurang kuat untuk menghindari menggambar terlalu banyak saat ini dan membutuhkan kawat pasokan yang sangat tebal.                                             .
Dalam desain modern, setelah air sudah mencapai titik didih, ketel otomatis menonaktifkan, mencegah air dari mendidih pergi dan merusak elemen pemanas. Sebuah termostat Strip bimetal biasanya digunakan sebagai shut- off mekanisme otomatis
. termostat ini terisolasi dari air di ketel dan bukan dipanaskan oleh uap dibuat ketika air mendidih, yang diarahkan melalui suatu saluran ke bimetal yang melucuti. Hal ini memungkinkan thermostat yang akan dikalibrasi kasar, yang pada gilirannya memungkinkan ketel untuk berfungsi secara normal pada berbagai ketinggian.
     Ceret juga menjadi populer di akhir abad ke-20. Mereka memiliki desain yang lebih tegak dan lebih ekonomis untuk digunakan, karena sejumlah kecil air, hanya cukup untuk satu cangkir, dapat direbus sambil tetap elemen tertutup .Di Amerika Serikat ketel listrik kadang-kadang dapat disebut sebagai hot pot. itu membuat ketel jauh lebih efisien. dengna demikian ketel listrik
B. Komponen-komponen ketel listrik
a.  Gambar Ketel Listrik dan Bagian-bagianya.

  1. Element  pemanas berupa batang                                                                     .
             Elemen pemanas bekerja sangat sederhana. Tidak seperti konduktor, elemen pemanas terbuat dari logam dengan tahanan listrik yang tinggi, biasanya paduan nikel-chrome yang disebut nichrome. Jika arus mengalir melalui elemen, tahanan yang tinggi ini mencegahnya dari aliran yang mudah (cepat); aliran ini akan bekerja pada elemen, dengan kerja ini akan menghasilkan panas. Jika arus mati, elemen secara perlahan menjadi dingin. Ada 3 jenis elemen pemanas: kawat, pita, dan batang. Elemen pemanas ini terisolasi terhadap badan seterika.

  1. Alat pengontrol panas jenis thermostat bimeta                                       .
                 Termostat adalah suatu piranti pengatur suhu yang bekerja secara otomatis  berdasarkan prinsip umpan balik. Istilah thermostat pertama kali digunakan oleh Andrew Ure pada tahun 1830 untuk menyebut suatu elemen tanggap-panas yang terbuat dari batangan baja dan zink yang dikeling.

 Pada ketel,misalnya, tingkat panas tertentu akan menyebabkan bimetal tersebut melengkung sehingga kontak listriknya terputus. Terputusnya kontak listrik menyebabkan suhu ketel menurun dan bersamaan dengan itu bimetal kembali lurus sehingga kontak listrik terhubung lagi. Dengan cara kerja alat seperti itu tingkat panas pada setrika tidak akan melampaui batas panas maksimum yang ditetapkan.

                              Gambar. 2 Bimetal sebagai suatu termostat sederhana

3. Kabel Penghubung dan steker                                                .
               Ketel  menggunakan terminal yang merupakan tempat persambungan antara ujung kawat elemen yang disambung pada tusuk kontak (stiker) dengan kabel penghubung luar yang disambung pada kontra steker, sehingga pada saat tidak digunakan kabel penghubung dapat dilepas dan disimpan terpisah dari ketelnya.
4. Cerek
            Berfungsi sebagai wadah air yang akan di masak     
5.   Tangkai cerek                                                                                                            .                    
            Berfungsi sebagai pemegang agar ketel bias di angkat dgn mudah.
6.   Penutup ketel
Berfungsi untuk melindungi cerek agar air yang di masak tidak ada dimasuki  kotoran dari  luar.
7.   Saluran tempat mengeluarkan air pada ketel tersebut

C. Macam-macam jenis ketel listrik
      1. Ketel Listrik Tempel
  Ciri2: - Panasnya Lama
- Gampang diperbaikai jika terjadi element pemanas
2. Ketel Listrik Tanam
    Ciri2: -Panasnyacepat
             - Susah di perbaiki jika terjadi kerusakan di element pemanas.


D.  Prinsip Kerja Ketel listrik otomatis
Pada umumnya prinsip kerja ketel listrik baik yang tanam maupun yang temple adalah sama yaitu:Setelah ketel ON element pemanas jadi panas dan panas berpindah secara hantaran pada alas  cerek dan terus ke air. Pada panas tertentu (air mendidih) kontak bimetal akan memutuskan sumber tegangan secara otomatis .Kapasitas ketel 0,5-3 liter atau lebih dengan daya 30-500 watt dengan merk dagang yang berbeda.

E. Gejala Kerusakan
NO
Gejala Kerusakan
Titik Pemeriksaan
Kerusakan
Perbaikan
1
Kadan-kadang bekerja dan tidak
Steker atau kabel penghubung
a.   a. Sambungan terminal ada yang longgar,
b.   b. Inti kabel putus didalam
a.  - Kencangkan baut terminal sambungan
b.   - Ganti kabel penghubung/ sambungkan kembali
Thermostat
a.    Sambungan terminal ada yang longggar
a.    Kencangkan baut terminal sambungan
2
Tidak bekerja
a.   a.Steker/kabel penghubung
a.   - Sambungan terminal ada yang lepas atau putus.
b.   - Kabel penghubung putus
a.   - Sambungkan kembali terminal yang lepas atau putus
b.    - Ganti kabel penghubung/ sambung kembali.
b.Thermostat
a.    -sambungan terminal ada yang lepas atau putus
b.   - thermostat rusak
a.    -Sambungkan kembali terminal yang lepas atau putus
b.   - Perbaiki thermostat atau ganti dengan tipe yang sesuai.





PENUTUP
KESIMPULAN

setrika listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui element pemanas. Panas yang dihasilkan dikumpulkan oleh besi pengumpul panas yang kemudian melalui gosokan diteruskan pada objek yang akan di setrika.
Setrika memiliki elemen pemanas yang mengubah energy listrik menjadi energi panas, setrika juga ada Pengatur suhu yang digunakan untuk mengatur panas setrika itu sendiri, sehingga panas pada setrika dapat disesuaikan dengan jenis kain yang akan di setrika atau dirapihkan. Pengatur suhu biasanya menggunkan prinsip bimetal. Thermostat bimetal berguna untuk menjaga panas tetap sama.
Umumnya kerusakan yang dialami ketel listrik otomatis secara keseluruhannya dapat diperbaiki dengan melihat fungsi dan kegunaan masing-masing komponen.
Semakin lama waktu yang diperlukan pada ketel listrik otomatis,maka semakin lama pula suhu yang dihasilkan,namun hal ini tidak diberlakukan secara kontinu mengingat bahwa bimetal dapat memutuskan arus apabila sudah mencapai koefisien muai mencapai suhu 100° keatas.









                                           




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi KH Abdullah Syafi'i dan Metode Pengajarannya

Penilaian Acuan Patokan (PAP), Penilaian Acuan Norma (PAN), skor Z dan skor T